loading...

Sering Insomnia? Inilah 6 Trik Agar Tidur Lebih Cepat

Memiliki kesulitan tidur atau insomnia merupakan hal yg paling menyebalkan bagi setiap orang. Selain menyebabkan saat tidur menjadi lebih singkat, di esok pagi badan akan terasa lelah & kepala pusing karena tidur yg kurang. Belum lagi adanya lingkaran hitam pada lebih kurang mata yang bisa menciptakan Anda bad mood di pagi hari. Performa buat melakukan aktivitas keseharian jua akan menurun lantaran kurangnya konsentrasi. Banyak kerugian yang didapat waktu Anda merasa sulit buat tidur. Bagi Anda yg mengalaminya, berikut trik dari Women's Health supaya bisa tidur menggunakan cepat.

1. Jangan Memaksakan Diri
Ketika Anda terlalu berusaha atau memaksakan diri buat mencari cara bagaimana tidur lebih cepat, Anda akan semakin nir bisa tidur. Tidur adalah fungsi tubuh yg datang dengan sendirinya. Sama misalnya rasa lapar, Anda nir perlu berlama-lama   memikirkan kapan merasa lapar bukan? Lebih baik Anda membuat jadwal tidur yg teratur. Hindari berpikir hal-hal yg membuat Anda terjaga. Pada akhirnya rasa kantuk akan timbul & Anda merasa siap buat tidur lebih cepat.

Dua. Matikan Lampu
Beberapa orang lebih suka  mematikan lampu waktu tidur tetapi ada jua yang tidak suka . Anda termasuk yg mana? Jika Anda merasa lebih lelah saat mentari  terbenam dan mampu terbangun ketika matahari bersinar, itu adalah Anda lebih baik mematikan lampu ketika tidur lantaran 'alarm' tubuh masih berfungsi dengan baik.

"Ketika mentari  terbenam secara perlahan, hormon melatonin (hormon yg menimbulkan rasa kantuk) akan timbul dan ini sangatlah bertenaga," kata W. Chris Winter, M.D., penulis The Sleep Solution: Why Your Sleep is Broken and How to Fix It.

Untuk mengembalikan kerja alarm dalam tubuh Anda, usahakan matikan lampu Anda atau ganti menggunakan lampu tidur yang redup jika tidak terbiasa lelap dalam gelap. Tutup tirai dan pindahkan benda-benda yang mengeluarkan cahaya berdasarkan tempat tidur Anda.

3. Berendam Air Hangat
Jika Anda mempunyai saat lebih sebelum tidur, rendam tubuh dengan air hangat selama sejam atau setengah jam. Hormon kortisol & temperatur tubuh yg menurun saat Anda tidur berlaku juga saat terselesaikan mandi air hangat. Tubuh otomatis akan mendinginkan diri dengan cepat. Ini mampu menyebabkan rasa kantuk dan juga rasa rileks yang membuat Anda akan lebih mudah buat tidur setelahnya.

4. Pakai Kaus Kaki
Selain bisa menghangatkan kaki Anda, memakai kaus kaki tebal waktu tidur sanggup mengakibatkan pembuluh darah pada kaki membesar. Aliran darah yg meningkat dapat mendistribusikan rasa rileks & hangat ke seluruh tubuh. Sinyal tubuh buat tidur pun akan diterima lebih cepat oleh otak Anda.

Lima. Biarkan Pikiran Anda Berkelana
Melamun sebenarnya mampu membuat Anda lebih cepat mencicipi kantuk. Ketika melamun, orang umumnya memikirkan hal-hal yang menyenangkan & nir mengakibatkan stres sehingga pikiran menjadi bebas dan rileks. Anda sanggup membayangkan sedang bersantai di pantai Maldives atau berkencan dengan selebriti favorit. Tanpa disadari, lamunan akan berubah sebagai mimpi yg menerangkan bahwa Anda sudah tertidur pulas.

6. Meditasi
Meditasi mampu menciptakan Anda lebih penekanan pada pernafasan Anda & keadaan di sekeliling. Selain itu, kegiatan ini bisa menciptakan taraf stres Anda menurun & menjauhkan Anda menurut pikiran-pikiran negatif. Meditasi harus dilakukan secara teratur supaya pengaruhnya untuk tidur sanggup didapatkan secara aporisma. Setelah beberapa minggu melatih diri buat meditasi sebelum tidur, secara otomatis tubuh Anda akan memahami apa yg wajib  dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar