loading...

Inilah Tips Agar Tubuh Tetap Fit Saat Musim Hujan dan Banjir

Akhir-akhir ini hujan terus mengguyur berbagai daerah, khususnya kota Jakarta. Akibat banjir tersebut tak sedikit rumah yang tergenang air bahkan terendam air.

Hujan dan banjir ini membuat kondisi lingkungan menjadi tidak bersahabat dan tentu penyakit akan mudah mendekat. Lantas, apa saran dokter agar kesehatan tetap terjaga selama musim hujan dan banjir?

Dokter umum dari RS Permata Depok, dr Kevin William Hutomo mengatakan bahwa yang perlu diperhatikan saat musim hujan dan banjir seperti saat ini ialah daya tahan tubuh. Sebab daya tahan tubuh yang menurun membuat penyakit mudah menyerang.

"Saat banjir datang yang sangat perlu kita jaga adalah daya tahan tubuh," kata dr Kevin

Kemudian, lanjut dr Kevin, untuk menjaga daya tahan tubuh, ayah dua anak ini menyarankan untuk makan teratur serta mengonsumsi suplemen dan vitamin.

Selain itu, bagi mereka yang pemukimannya dilanda banjir, selalu kenakan alas kaki atau sepatu boot untuk menghindari terjadinya kecelakaan akibat terpeleset ataupun menginjak benda-benda tajam di dalam air.

"Biasanya saat banjir penyakit pes (sampar) akan mudah menjangkiti kita bilamana daya tahan tubuh dan perlindungan terhadap diri kita kurang. Penyakit pes disebabkan oleh kuman dalam hewan pengerat atau tikus," pungkasnya.

sumber detikhealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar