loading...

Tanda - Tanda Keguguran

Keguguran bisa mengancam kehamilan pada usia berapa saja. Untuk itu, sebaiknya para ibu hamil menjaga kandungan sebaik-baiknya. Ada baiknya juga Anda tahu tanda-tanda keguguran agar bisa mengantisipasinya.


Berikut tanda-tandanya:

1. Pendarahan adalah tanda yang paling umum. Pendarahan ringan maupun berat pada vagina, baik yang teratur maupun yang tidak teratur. Meskipun pendarahan sering menjadi tanda pertama keguguran, pada masa trisemester pertama kehamilan mungkin juga terjadi pada kehamilan yang normal. Dan biasanya, pendarahan terjadi terus-menerus, paling tidak selama 3 hari. Pendarahan yang terjadi bisa hanya berupa bercak-bercak yang berlangsung lama sampai pendarahan hebat.

2. Rasa sakit yang diakibatkan keram pada panggul, sakit pada perut bagian tengah, ataupun sakit pada bagian bawah punggung. Sakit mungkin akan dirasakan selama beberapa jam hingga beberapa hari setelah pendarahan dimulai. Termasuk kram atau kejang perut.

3. Penggumpalan darah atau keabu-abuan pada jaringan lunak (pada janin) yang melewati vagina. Ketika Anda mendapati gumpalan darah tersebut, bawalah kepada dokter untuk mengetahui kepastian, apakah Anda mengalami keguguran atau tidak.

4. Kelelahan yang teramat sangat. Anda merasa loyo, tidak enak badan, merasa lemas atau tidak fit, dan tidak bertenaga, juga tidak mampu menopang tubuh dengan baik? Bisa jadi ini merupakan tanda awal akan terjadi keguguran.

http://lifestyle.okezone.com/read/2009/10/23/27/268522/empat-tanda-keguguran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar