loading...

Harga Emas Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas menembus rekor tertingginya hari ini setelah muncul ketidapastian mengenai stabilitas perekonomian dan sektor keuangan di AS. Kondisi ini membuat investor mencari tempat aman untuk memarkir aset investasi mereka.


Pada perdagangan Kamis (16/9/2010), harga emas dijual US$ 1.276,85 per ounce di pasar spot, naik dibandingkan perdagangan Rabu kemarin yang dijual US$ 1.265,65 per ounce. Pada hari ini, emas sempat menyentuh rekor di harga US$ 1.277,05 per ounce, dan banyak pihak yang memperkirakan emas akan segera menyentuh US$ 1.300 per ounce.

Harga perak juga naik seiring meningkatnya permintaan. Hari ini, harga perak di pasar spot dijual US$ 20,75 per ounce atau tertinggi sejak Maret 2008.

"Semua sekarang mempertahankan emasnya, semua ketidakpastian dan ketakutan akan mendorong orang untuk beralih ke emas," ujar Analis Robin Bhar seperti dikutip dari Reuters, Kamis (16/9/2010).

Salah satu pemicu yang mendorong harga emas ini adalah pertemuan bahwa Federal Reserve akan memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dan menambah lagi kebijakan yang lebih lunak untuk membawa lagi pertumbuhan ekonomi global ke jalurnya.

Harga emas juga melonjak mengikuti proses politik di Jepang setelah PM Naoto Kan memenangkan pemilihan ketua partai. Hasil tersebut telah membuat dolar AS tertekan oleh yen ke titik terendahnya dalam 15 tahun terakhir. Dolar AS yang murah itu langsung dimanfaatkan oleh investor untuk memburu emas.

detikFinance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar