Buruh Temukan Harta Karun Perang Dunia II Bernilai Rp 14,3 M


Pekerja India menggali batangan emas dari kapal barang Inggris, yang meledak dan menewaskan ratusan orang saat berlabuh di Mumbai pada Perang Dunia II.



Harian Mumbai Mirror, Selasa (1/2/20110 mengatakan, pekerja menemukan batangan emas dari kapal SS Fort Stikine pada Senin malam saat menggali dermaga baru di kota pelabuhan tersebut. "Pengerukan lanjutan sedang dilakukan untuk melihat apakah masih ada emas di sana," katanya.

Pencarian awal menunjukkan, emas yang terdiri dari dua batang dengan berat 100 dan 50 gram itu ditemukan di pecahan kapal.

"Kontraktor mengatakan kepada kami telah menemukan emas dan batangan emas tersebut, yang berasal dari tumpukan, yang tenggelam dengan Fort Stikine," kata pejabat senior polisi, Quaisar Khalid.

Fort Stikine adalah kapal barang pembawa kapas, emas dan bahan peledak dan belum pernah melakukan bongkar muat saat kapal tersebut terbakar di pelabuhan Victoria di kota dikenal bernama Bombai pada 14 April 1944.

Pecahan ledakan kapal terbang hingga ratusan kilometer, api menyala beberapa hari dan puluhan kapal lain di dermaga ikut hancur.

Sekitar 200-800 orang dilaporkan tewas. Emas diperkirakan bernilai satu hingga dua juta poundsterling saat itu awalnya ditujukan ke bank di kota tersebut sebagai pengganti kerugian dari perang atas nilai tukar mata uang India.

"Sebagian emas ditemukan hingga pada 1970-an dan dikembalikan kepada pemerintah Inggris, namun tidak ada lagi yang ditemukan setelahnya," kata harian itu.[kompas.com]


This entry was posted in ,,,. Bookmark the permalink.



Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...