Rahasia Tendangan Bebas Roberto Carlos Terbongkar


Rahasia dibalik tendangan bebas terbaik sepanjang sejarah sepakbola oleh pemain Brazil Roberto Carlos, berhasil terungkap.


Tendangan bola berbentuk kurva sekitar 9 meter ini dianggap sebagai tendangan paling luar biasa di dunia sepakbola internasional.

Meskipun begitu, tendangan bebas ini bukanlah kebetulan, kata ahli fisika dikutip dari Daily Telegraph.
Tendangan Carlos tampak menyudut dan melengkung seperti pisang dan mendarat di jaring. Lengkungan tersebut tidak disadari penjaga gawang Prancis Fabien Barthez yang menganggap bahwa keadaan telah aman.
Dengan menggunakan bola plastik kecil dan sebuah ketapel, tim peneliti dari Polytechnique in Palaiseau menciptakan variasi kecepatan dan tendangan bola untuk melacak lintasan yang berbeda.

Penelitian mereka ingin menegaskan ‘efek Magnus’ di mana menciptakan bola berputar di lintasan melengkung. Teori ini juga mengungkapkan wawasan segar soal bola berputar dari tendangan bebas Carlos.
Gesekan yang terjadi pada bola telah memperlambat putaran sehingga berperan untuk mengarahkan bola ke lintasan. Oleh karena itu, terjadi perubahan arah di saat-saat terakhir. Inilah yang terjadi pada tendangan Carlos.

Penelitian dipublikasikan di New Journal of Physics.


This entry was posted in ,,,. Bookmark the permalink.



Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...