Ditemukan Batu Besar Mirip Candi Di Pagaralam


Warga di Kecamatan Dempo Utara, Pagaralam, Sumatra Selatan, digemparkan penemuan Batu Besak (Batu Besar) yang mirip patung Budha atau candi.

Luas Batu Besak sekitar 250 meter, dan berada di atas Bukit Burung Beranting, Dusun Tanjungtaring, Kelurahan Burung Dinang, Kecamatan Dempo Utara.

Awalnya, warga Dusun Tanjungtaring mengabarkan adanya batu yang berukuran besar di atas Bukit Burung Beranting, dan memiliki kemiripan dengan bentuk candi dan patung Budha.

Cerita itu kemudian membuat sejumlah wartawan berdatangan untuk melihatnya. Ternyata batu besar yang terlihat itu sangat mirip dengan stupa. Sebab keseluruhan bukit tersebut merupakan batu besar, dari bawah sampai dengan atas bukit.

Bukan itu saja, ditemukan juga semacam bentuk tangga yang terbuat dari batu, yang langsung
menuju puncak bukit, dan ada lagi sebuah bangunan yang diduga sebagai pintu gerbang masuk dikarenakan memiliki lobang yang cukup untuk dilalui manusia.

Akan tetapi kondisinya sudah tertutup reruntuhan batu. Uniknya lagi reruntuhan batu yang diduga sebagai pintu gerbang masuk tersebut memiliki bentuk yang sudah rapi seperti dibuat tangan manusia.

"Kemungkinan besar ini memang sangat mirip dengan candi atau semacamnya. Dikarenakan dulu pada awal 1990 pernah terjadi kebakaran hebat, yang menghabiskan seluruh pohon dan semak belukar yang berada di bukit ini. Ketika itu juga nampak jelas sekali, bentuk sebenarnya dari bukit tersebut," kata Anharudin, warga setempat (31/12/2010).

Dengan posisi batu yang nampaknya seperti sudah disusun rapi secara bertingkat-tingkat mengelilingi bukit. Tangga batu menuju puncak pun terlihat secara terang benderang.

Sedangkan batu yang berada di atas puncak terlihat putih bersih. Apalagi bukit ini tidak jauh dengan Dusun Rimba Candi, yang selama ini sering dikabarkan adanya candi besar di sana.

Sebagai informasi di Pagaralam selama ini sering ditemukan artefak atau patung yang diduga merupakan peninggalan dari tradisi megalitik Bukitbarisan sekitar 2.000 tahun Sebelum Masehi. Salah satu yang paling terkenal yakni Batu Gajah.

sumber : http://www.detiknews.com/read/2011/01/01/222333/1537421/10/ditemukan-batu-besar-mirip-candi-di-pagaralam?9911022


This entry was posted in ,. Bookmark the permalink.



Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...