Mengapa Kata Pertama Yang Diucapkan Bayi Adalah Mama Atau Papa ?


Sering kita dengar kata-kata pertama yang diucapkan oleh bayi adalah mama dan papa, pernahkah Anda berpikir mengapa hanya kata-kata itu yang selalu diucapkan pertama kali?
Memang kata-kata tersebut sudah tak asing didengar. Bayi di manapun akan mengucapkan kata mama, papa, sebagai kata pertama mereka. Bahkan ada yang sengaja bertaruh, apakah mama yang diucapkan terlebih dahulu, atau malah papa? Dan konyolnya mitos ini disebut-sebut sebagai tes kadar cinta si bayi, lebih cinta atau sayang ke mama atau ke papa.

Tapi sebenarnya alasan apa sih yang membuat mereka menyebutkan mama-papa sebagai kata pertama?[break]

Para ilmuwan dari sebuah universitas di Kolombia rupanya penasaran akan hal ini, kemudian mereka mencoba meneliti misteri kata pertama mama-papa ini.

Hasilnya didapatkan dengan penjelasan yang cukup ilmiah namun sederhana. Otak manusia saat masih bayi sangatlah sederhana, beberapa kata vokal yang ditangkap lebih mudah dihafal daripada kata konsonan. Untuk itu bayi tak mudah mengingat kata-kata yang sulit, sedangkan kata mama-papa adalah yang paling mudah diingat dengan struktur yang diulang-ulang.

Karena mudah dimengerti dan dihafalkan, kata mama-papa kemudian paling melekat di pikiran bayi. Saat mereka sudah mulai belajar berbicara dan ingin mengucapkan sesuatu, secara otomatis kata tersebutlah yang keluar dari mulut bayi.

Jadi ketika mereka mengatakan mama-papa bukan berarti mereka memanggil Anda lho, bisa saja mereka ingin hal yang lain, namun karena yang tersimpan di dalam memori mereka adalah mama-papa atau dada, jadilah kata pertama mereka salah satu di antara kata tersebut.

sumber : http://bayidanibu.blogspot.com/2011/01/mengapa-kata-pertama-bayi-mama-atau.html


This entry was posted in ,. Bookmark the permalink.



Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...