loading...

775 Peserta Ikuti Ujian CPNS Unpad

Sebanyak 775 peserta mengikuti ujian tahap I seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Universitas Padjadjaran di kampus Unpad, Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (27/10). Pelaksanaan ujian kali ini berlangsung lancar dan tidak ditemukan berbagai kecurangan.



Peserta yang mengikuti ujian CPNS di Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad (Foto: Tedi Yusup)

“Alhamdulillah tidak menemukan kecurangan karena kita ketat dalam pendistribusian soal, keamanan, dan pengawasan, baik secara administratif maupun  fisik,” jelas Ketua Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Universitas Padjadjaran, Drs. Lili Permadi., M.Si.

Pada ujian tahap ini, para peserta mengikuti Tes Pengetahuan Umum (TPU) dan Tes Bakat Sekolastik (TBS) yang masing-masing memiliki waktu 90 menit. Materi ujian TPU meliputi Bahasa Indonesia, Pancasila, Tata Negara, Sejarah, Kebijakan Pemerintah, dan Bahasa Inggris, sedangkan TBS meliputi kemampuan penalaran verbal, kemampuan penalaran kuantitatif, dan kemampuan penalaran analisis.

Walaupun diwarnai oleh peserta yang terlambat, namun para peserta tersebut masih diberi toleransi untuk mengikuti ujian karena keterlambatan dibawah tiga puluh menit. “Namun tidak banyak. Kalau saya hitung, yang terlambat tidak lebih dari lima orang,” ujar Lili.

Lili mengungkapkan bahwa penentuan formasi, penentuan materi soal ujian, pengkoreksian lembar jawaban, dan penentuan kelulusan diserahkan ke Kementrian Pendidikan Nasional di Jakarta.  Unpad hanya memfasilitasi ruang, administrasi, dan pengawasan. “Siang ini Lembar Jawab Komputer (LJK)  akan langsung diserahkan,” ujarnya.

Pengumuman kelulusan tahap I akan diumumkan pada 10 November mendatang melalui website Unpad dan papan pengumuman Kepegawaian Unpad serta di tiap fakultas. Peserta yang lolos ujian tahap I ini, akan mengikuti tes subtantif pada 15-16 November mendatang di masing-masing unit kerja atau fakultas. Tes ini meliputi wawancara, keterampilan teknis, dan penguasaan teknologi informasi. Selain itu, khusus untuk pelamar dosen, tes subtantif ini meliputi pula tes keterampilan mengajar dan penguasaan Bahasa Inggris.

Namun sebelumnya , yakni pada 12 November mendatang, peserta yang melamar menjadi dosen dan lolos ujian tahap I ini akan mengikuti tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MPPI) yang dilaksanakan terpusat di universitas.

“Untuk itu saya menghimbau kepada para peserta agar senantiasa melihat jadwal dan pengumuman baik di website Unpad maupun di papan-papan pengumuman, karena dikhawatirkan ada perubahan waktu,” ujar Lili

sumber : http://www.unpad.ac.id/archives/36464

Tidak ada komentar:

Posting Komentar