loading...

Blunder Evra - Van Der Sar Gagalkan Kemenangan MU

Sempat unggul 2-0, Manchester United malah dipaksa menelan hasil seri 2-2 oleh West Bromwich Albion (WBA) dalam lanjutan Premier League, Sabtu (16/10/2010). Dua gol balasan WBA tercipta akibat blunder Patrice Evra dan Edwin van der Sar.


Evra melakukan kesalahan fatal dengan mencetak gol bunuh diri pada menit ke-50. Sementara Van der Sar melakukan kesalahan besar mengatisipasi crossing Chris Brunts sehingga Somen Tchoyi dengan leluasa menyarangkan bola ke gawang MU yang kosong.

Tentu saja hasil ini menyakitkan karena MU mampu menutup babak pertama dengan skor 2-0. Gol pembuka dicetak Javier Hernandez saat laga baru berjalan lima menit.  Gol itu tercipta setelah Hernandez berhasil memaksimalkan bola rebound dari tendangan bebas yang dieksekusi Nani.

WBA berusaha mencetak gol balasan dengan cepat. Mereka mendapatkan peluang cukup baik pada menit ke-15. Sayang tandukan Jonas Olsson yang memaksimalkan umpan Chris Bunt hanya melayang di atas mistar Edwin van der Sar.

Tak peduli dengan ancaman itu, MU terus mengancam gawang WBA yang dikawal Scott Carson. Usaha tuan rumah pun tak sia-sia setelah Nani menggetarkan gawang WBA pada menit ke-25. Gol tersebut berawal dari kerjasama apik antara Nani dengan Berbatov di sisi kiri pertahanan WBA.

Berhasil mencuri bola dari kaki bek lawan, Nani mengirim umpan pendek kepada Berbatov. Penyerang Bulgaria itu pun dengan cepat Mengembalikan bola kepada Nani yang berada di kotak penalti. Dengan tenang, Nani melepaskan tembakan tanpa mampu dijangkau oleh Carson.

Jelang turun minum, WBA berusaha keluar dari tekanan. Serangan mereka pun cukup berbahaya. Aksi Gabriel Tamas pada menit ke-31 dan James Morrison pada menit ke-33 nyaris mencetak gol balasan. Beruntung bagi MU, tembakan kedua pemain tersebut masih meleset. Kegagalan itu memaksa WBA mengakui keunggulan MU setelah skor tidak berubah hingga turun minum.

Di babak kedua, WBA tampil sangat mengejutkan. Bagaimana tidak, WBA mampu menyamakan kedudukan hanya dalam tempo sepuluh menit.

Gol pertama WBA berasal dari gol bunuh diri yang diciptakan Patrice Evra pada menit ke-50. Gol tersebut bermula dari kemelut di depan gawang Van der Sar hasil dari tendangan bebas Chris Brunt di sektor kiri pertahanan MU. Evra melakukan kesalahan dalam mengantisipasinya sehingga bola masuk ke gawang timnya sendiri.

Sementara itu, gol kedua WBA terjadi dari kesalahan fatal yang dilakukan Van der Sar. Saat itu, kiper asal Belanda itu berusaha menangkap bola dari umpan yang dilepaskan Chris Brunts. Namun, Van der Sar melakukan kesalahan besar setelah bola lepas dari pelukannya. Bola liar itu berhasil dimaksimalkan Somen Tchoyi menjadi gol. 

Tak ingin kehilangan poin sempurna, MU kembali berusaha membongkar pertahanan lawannya. Bahkan Fergie melakukan perubahan formasi timnya. Ia memasukkan Wayne Rooney dan Paul Scholes untuk menggantikan Anderson dan Michael Carrick.

Masuknya kedua pemain tersebut tak terlalu efektif. Sebab, MU masih terlihat kerepotan menembus pertahanan WBA yang memang tampil solid di babak ini.

Meski begitu, MU memiliki sebuah peluang emas pada menit ke-81. Saat itu, MU mendapatkan tendangan bebas di kotak penalti setelah Carson melakukan kesalahan fatal dengan menangkap bola backpass di kotak penalti sendiri. Sayang peluang tersebut mentah karena bola tembakan Rooney masih membentur mistar.
MU berusaha memanfaatkan waktu yang tersisa dengan mencetak gol. Namun apa daya serangkaian peluang tercipta gagal dikonversi menjadi gol sehingga skor 2-2 tidak berubah hingga laga usai.

Susunan Pemain

Manchester United:
Edwin van der Sar; Nemanja Vidic, Rio Ferdinand, Patrice Evra, Rafael; Anderson (Wayne Rooney 72), Michael Carrick (Paul Scholes 72), Ryan Giggs (Darron Gibson 53), Nani; Javier Hernández, Dimitar Berbatov

West Bromwich Albion: Scott Carson; Jonas Olsson, Gabriel Tamas, Nicky Shorey, Gonzalo Jara; Youssuf Mulumbu; Paul Scharner, James Morrison (Graham Dorrans 86), Chris Brunt, Somen Tchoyi (Jerome Thomas 69); Marc-Antoine Fortune

Tidak ada komentar:

Posting Komentar