Penerimaan CPNS Terancam Diundur


Sudah sepekan rencana penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bakal dibuka bulan Oktober 2010 ini. Namun, belum turunnya keputusan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara (Menpan) membuat penerimaan terancam diundur.



Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), Drs H Suherman MPd, Rabu (6/10) mengatakan, usulan lokasi formasi pendidikan yang diusulkan masih belum mendapat persetujuan dari Menpan. “Usulannya sudah lama kita ajukan. Kita masih menunggu keputusannya,” ucap Suhermann
Suherman pun tidak dapat memastikan kapan jadwal ditentukan oleh pusat. Hanya saja keputusan nantinya akan dirapatkan dengan segenap SKPD yang ada di Sumut demi memastikan pelaksanaan serentak. “Belum bisa kita pastikan kapan. Karena nanti keputusan atas usulan yang kita ajukan itu nanti disertai dengan surat yang mengatur teknis pelaksanaan sejal awal hingga akhir proses penerimaan CPNS,” jelasnya.

Nantinya, lanjut Suherman, BKD Pemprovsu hanya sebagai lintas korordinasi pelaksanaan penerimaan. Sementara untuk pengawasan menjadi domain inspektorat ataupun masing-masing kabupaten/kota.

“Termasuk lokasi formasi itu hak masing-masing kabupaten/kota. Apa mereka mau ikut melaksanakan penerimaan CPNS atau tidak. Begitu juga dengan permasalahan yang timbul selama proses penerimaan PNS, itu tanggungjawab kabupaten/kota tadi,” tegas Suherman.

BKD Pemprovsu sendiri dalam pelaksanaan penerimaan CPNS 2010 ini dipastikan menggandeng Universitas Sumatera Utara (USU). Hal itu sesuai dengan peraturan pemerintah untuk melibatkan perguruan tinggi negeri setempat. “Jadi bukan karena dikontrak dan setiap penerimaan CPNS kita akan bekerjasama dengan USU,” tambahnya.

Untuk 2010 ini BKD Pemprovsu Sumut mengusulkan 450 CPNS meskipun yang disetujui hanya 290 CPNS. Dari jumlah itu, permintaan terbesar datang dari Dinas Pendidikan Tinggi (Dikti) dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda).


This entry was posted in ,. Bookmark the permalink.



Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...