loading...

Temanggung Keberatan Biaya Operasional Ujian CPNS 2010

Pemkab merasa keberatan dalam penyediaan biaya operasional pelaksanaan ujian seleksi CPNS 2010, apabila tes untuk menjadi PNS tersebut dilaksanakan dua kali, seperti yang direncanakan Pemprov saat ini. Sebab, sejak awal Pemkab hanya mengalokasikan anggaran penyelenggaraan seleksi CPNS tersebut untuk sekali, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sutikno, di ruang kerjanya, Senin (18/10), mengatakan pengalokasian anggaran untuk melaksanakan ujian CPNS tersebut telah dilakukan sejak awal tahun dalam APBD 2010 ini, yakni untuk sekali pelaksanaan ujian. Karena itu, jika kemudian tes CPNS dilakukan dua atau tiga kali, maka dana yang telah dianggarkan itu diperkirakan tidak mencukupi.

“Saat ini, APBD Perubahan 2010 juga telah ditetapkan atau disahkan, sehingga tidak mungkin lagi, keperluan biaya untuk melaksanakan ujian CPNS itu, jika dilaksanakan dua kali, kemudian dibebankan dalam APBD Perubahan,” ujarnya.

Dia mengatakan, selama ini, biaya operasional pelaksanaan ujian CPNS, seperti honor petugas pengawas ujian, konsumsi, kebersihan ruangan dan lain-lain, ditanggung Pemkab. Sedangkan Pemprov bertanggungjawab dalam hal penyelenggaraan secara umum, yakni mulai dari pembuatan dan pengadaaan soal CPNS hingga pengoreksian dan penentuan kelulusan.

“Ujian CPNS tersebut, biasanya dilaksanakan di banyak tempat dan melibatkan ratusan petugas pengawas, sehingga biaya operasional yang diperlukan tidak sedikit. Karena itu, tidak mudah bagi Pemkab untuk menyediakan anggaran lagi, jika pelaksanaannya lebih dari sekali,” tandasnya.

Menurutnya, Pemkab yang keberatan untuk menyediakan dana operasional tambahan jika ujian CPNS dilaksanakan lebih dari sekali tersebut, tidak hanya Temanggung, namun juga kabupaten-kabupaten lainnya di Jateng. Hal itu diketahuinya saat rapat teknis penyelenggaraan ujian CPNS antara Pemkab se-Jateng dengan Pemprov, di Solo, pekan lalu.

“Sebagian besar Pemkab di Jateng keberatan dengan penyediaan tambahan dana tersebut, sehingga masalah ini lalu diserahkan ke Pemprov. Rencananya, dari Pemprov akan melakukan pembahasan lagi dan melaporkannya kepada Gubernur,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ujian CPNS 2010 rencananya digelar dua tahap, meliputi tes akademis dan psikologis. Sedangkan untuk formasi yang terkait ketrampilan, akan ditambah ujian khusus. Pemkab Temanggung pada dasarnya menyetujui ujian dengan sistem ini, karena lebih memungkinkan untuk mendapatkan CPNS yang berkualitas dibanding hanya sekali ujian.

Sumber : suaramerdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar