Dukung Garuda, 16 Kelompok Suporter Bersatu


Prestasi apik yang ditunjukkan timnas Indonesia di babak penyisihan grup AFF Suzuki Cup 2010, membuat banyak pihak bangga, termasuk suporter Indonesia. Kini mereka sepakat untuk melupakan cerita-cerita minor sepak bola nasional dan kompak memberikan dukungan penuh buat timnas. 
 
 
Pada babak semifinal melawan Filipina, kurang lebih ada 16 kelompok suporter dari berbagai daerah di Jawa, Sumatera dan Kalimantan berkumpul di Jakarta. Menurut Rico, ketua Tha Jackmania, diperkirakan jumlah total suporter selain The Jackmania yang akan memeriahkan SUGBK mencapai 3000 orang. "Animo mereka luar biasa, mereka membeli tiket dengan harga khusus, tidak minta gratis," kata Rico.

Panser Biru, suporter PSIS Semarang mendatangkan sekitar 200-an suporter. Jumlah itu akan bertambah dua kali lipat di laga kedua semifinal. "Hari Kamis, 16/12 banyak anggota kami yang bekerja atau sekolah. Solusinya, Minggu, 19/12 mereka akan datang," jelas Lukman, Ketua Harian Panser Biru.

Sementara suporter Persijap, Persiku Kudus, Persipur Purwodadi, PSS Sleman, Persis Solo, dan Persiba Bantul akan menyusul Panser Biru.

Buat kelompok suporter yang berasal dari Pulau Jawa, mereka tidak bermasalah dengan transportasi dan penginapan. Begitu pertandingan usai, esok harinya pulang ke kota asalnya. Soal penginapan, suporter sepakat menginap di sekeliling SUGBK atau di tempat lain yang disediakan oleh The Jackmania.

Bagaimana dengan suporter dari luar Pulau Jawa? Ini yang perlu mendapatkan apresiasi. Ternyata mereka tidak langsung kembali. Mereka menginap di Jakarta sampai dengan laga kedua timnas. Itu sengaja dilakukan karena murni untuk penghematan biaya.

The Jackmania menyediakan tempat khusus untuk menampung suporter dari luar Pulau Jawa. "Kami menyediakan tempat-tempat khusus buat teman-teman dari Kalimantan dan Sumatera," jelas Rico. "Biarpun tidur tidak layak, kami tetap senang karena bisa berkumpul dengan semua kelompok suporter lain di Indonesia," ujar Anto.

Apresiasi lebih pantas diberikan kepada 16 kelompok suporter ini. Tak seperti biasanya, mereka akan meninggalkan ego fans klub demi timnas. Datang SUGBK dengan baju klub, ketika masuk ke stadion semuanya akan melepas baju tersebut dan menggantinya dengan timnas.

Berikut 16 Kelompok Suporter Yang Hadir di Laga Semifinal:

1. The Jackmania (Persija Jakarta)
2. Aremania (Arema FC)
3. Pasoepati (Persis Solo)
4. Slemania (PSS Sleman)
5. Suporter Macan Muria (Persiku Kudus)
6. Bala Suporter Kudus Raya (Persiku Kudus)
7. Paser Bumi (Persiba Bantul)
8. Panser Biru (PSIS Semarang)
9. Laskar Banaspati (Persijap Jepara)
10. LA Mania (Persela Lamongan)
11. Deltamania (Deltras Sidoarjo)
12. Sakeramania (Persekabpas Pasuruan)
13. Pusamania (Persisam Samarinda)
14. Balistik (Persiba Balikpapan)
15. Mitman (Mitra Kukar)
16. Bontangmania (PKT Bontang)
 
sumber : http://kabarbola.info/info-bola-update/dukung-timnas-indonesia-16-kelompok-suporter-bersatu/


This entry was posted in ,,. Bookmark the permalink.



Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...