Piala AFF 2010 : Vietnam Bantai Myanmar 7 - 1


Vietnam mengawali perjuangannya untuk mempertahankan gelar Piala AFF dengan hasil yang sangat memuaskan. Bermain di hadapan pendukungnya yang memadati Stadion My Dinh, Hanoi, Kamis (2/12/2010), tim besutan Henrique Calisto ini membantai Myanmar 7-1.




Dengan demikian, Vietnam kini memimpin klasemen sementara Grup B, sedangkan Myanmar berada di posisi buncit alias juru kunci. Sementara itu, posisi 2-3 dihuni Singapura dan Filipina, yang berbagi skor 1-1.

Nguyen Vu Phong menjadi bintang lapangan dalam laga tak seimbang ini. Gelandang bernomor punggung 17 tersebut membuat hattrick yang membawa dirinya kini sebagai top scorer Piala AFF 2010. Selain Vu Phong, pemain tengah Nguyen Trong Hoang juga mencetak dua gol untuk melengkapi pesta kemenangan tuan rumah.

Pada babak pertama, Myanmar sempat memberikan perlawanan. Meskipun pertahanannya terus mendapat serangan dan jala gawang Kyaw Zin Htet berhasil dibobol Phong sebanyak dua kali, tim besutan Tin Myint Aung tersebut berhasil mencuri satu gol, yang membuat skor saat turun minum 2-1.

Namun, pada babak kedua, Myanmar benar-benar tak berkutik. Gelombang serangan yang dibangun pasukan Vietnam membuat Zin Htet harus memungut bola dari dalam jaringnya sebanyak lima kali, menyusul gol yang dicetak Le Tan Tai pada menit ke-51, sundulan Nguyen Anh Duc pada menit ke-65, dan dua gol Trong Hoang pada menit ke-74 dan 82, sebelum ditutup hattrick Vu Phong saat injury time.

Selanjutnya, Vietnam, yang dua tahun lalu menjadi juara setelah pada babak final mengalahkan Thailand, akan menghadapi Filipina. Meskipun diunggulkan bisa menang lagi, Vietnam harus mewaspadai Filipina, yang membuat kejutan pada laga perdananya setelah menahan Singapura 1-1. Duel nanti akan berlangsung pada Minggu (5/12/2010).(bola.kompas.com)


This entry was posted in ,. Bookmark the permalink.



Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...