CPNS Kebumen : Ribuan Pelamar CPNS Tereliminasi


Ribuan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemkab Kebumen dipastikan gagal mengikuti ujian seleksi yang akan digelar pada 12 Desember mendatang. Pasalnya, berkas lamaran mereka yang dikirim tak lolos seleksi administrasi sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh tim seleksi pengadaan CPNS Kebumen tahun 2010.

Kabid Pengembangan dan Pembinaan Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kebumen, Sri Mulyani mengatakan, jumlah berkas lamaran CPNS yang masuk mencapai 7.697 berkas. Dari jumlah itu, berkas TMS sebanyak 1.388 pelamar, berkas ganda 23 dan yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) sejumlah 6.286 pelamar. ”Mereka inilah yang nantinya akan bersaing untuk memperebutkan 221 formasi yang disediakan Pemkab Kebumen tahun ini,” kata Sri Mulyani kepada Wawasan, Jumat (3/12).

Menurutnya, sebagian besar pelamar yang tak lolos seleksi administrasi disebabkan berkas yang tidak lengkap. Seperti mendaftar tidak sesuai dengan syarat pendidikan, tidak sesuai formasi dan legalisir ijazah tidak sesuai ketentuan. ”Misalnya hanya ada tanda tangan tanpa ada stempel atau tanda tangan yang tidak basah dan hanya di-scaner saja,” katanya. Dari formasi yang disediakan, kata dia, formasi yang banyak diminati adalah formasi tenaga guru kelas SD untuk jenjang pendidikan DII PGSD. Dari 46 kursi yang disediakan, jumlah pelamar mencapai 1.042 pelamar.

Sepi peminat
Namun ada juga beberapa formasi yang sepi peminat. Contohnya formasi tenaga teknis transportasi darat dan formasi pengawas ketenagakerjaan yang sama-sama diminati 6 pelamar dari jumlah 1 kursi pada tiap formasi. ”Khusus formasi pengawas ketenagakerjaan dengan syarat pendidikan S1 Teknik Bangunan dipastikan akan kosong, karena dari hasil verifikasi, tak satupun berkas yang dinyatakan lolos,” ujar Sri Mulyani.

Sementara satu-satunya formasi untuk lulusan SMA, yaitu tenaga rescuer ternyata cukup diminati oleh masyarakat. Terbukti ada 243 pelamar yang mendaftar meski pada akhirnya hanya 34 pelamar saja yang berhasil lolos.

sumber : http://www.wawasandigital.com/index.php?option=com_content&task=view&id=43208&Itemid=47


This entry was posted in ,. Bookmark the permalink.



Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...