Materi Ujian CPNS Batam Tidak Ada Pengetahuan Lokal


Ribuan pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Batam akhirnya mengikuti tes tertulis, Sabtu (11/12/2010). Begitu lembar jawaban dan soal dibagikan, mereka semua tampak serius menekuni dan menjawab 100 pertanyaan pilihan ganda.

Untuk penerimaan CPNS tahun ini diikuti 6.206 pelamar yang mendaftar ulang. Sebanyak 3.382 di antaranya merupakan pelamar untuk tenaga teknis, mereka mengikuti tes di Kampus Unrika. Sementara selebihnya di Sekolah Harapan Utama Batam Centre, dengan rincian 1.679 tenaga guru dan 1.165 tenaga kesehatan.

Sayangnya, pelaksanaan tes hari ini sempat mundur sekitar satu jam. Sebagai dispensasi yang diberikan panitia, hingga batas waktu 120 menit ujian berlalu, para peserta masih dibenarkan untuk melanjutkan proses melingkari jawaban. Mereka tak begitu mendapatkan desakan untuk segera mengumpulkan lembar jawaban.

Tahun ini, Provinsi Kepri bekerjasama dengan Universitas Indonesia dalam hal pembuatan soal sampai dengan pemeriksaan lembar hasil jawaban nanti.

Soal-soal yang diberikan, menurut beberapa peserta tidak terlalu sulit. Bahkan salah seorang peserta mengaku soal tahun ini lebih mudah dibanding tahun lalu.

"Saya pikir soalnya akan lebih sulit. Karena waktu baca di koran katanya yang buat UI. Tapi ternyata lebih sulit yang tahun lalu" ujar Yanti, yang mengaku pernah mengikuti tes CPNSD Pemprov Kepri tahun 2009.

Menurut pelamar di bidang teknis ini, dari soal yang dijawabnya tadi, ia hanya merasa kesulitan di pertanyaan-pertanyaan awal yang bertemakan ilmu sosial.

"Kebetulan saya dari IPA, jadi tidak begitu mengerti tentang sejarah-sejarah, dekrit, perjanjian-perjanjian dan segala macamnya itu. Saya akui, untuk soal sosialnya saya nggak mengerti. Apalagi yang diletakkan pada petunjuk C, tentang sebab akibat. Benar-benar nggak paham," ujarnya.

Untuk soal tes tahun ini, tidak ada soal yang berkaitan dengan profil Provinsi Kepri. Soal yang diberikan berupa soal pengetahuan sosial umum, tes skolastik, dan psikotest atau pengembangan diri.

Jika melihat dari petunjuk di halaman depan soal, maka dalam sistem penilaian hasil ujian akan diterapkan sistem minus. Yaitu nilai plus 4 jika benar, minus 1 jika salah, dan nilai 0 jika tidak diisi

sumber : http://www.tribunnews.com/2010/12/11/materi-ujian-cpns-tidak-ada-pengetahuan-lokal


This entry was posted in ,. Bookmark the permalink.



Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...