Kepala BNPB Tinjau Lokasi Bencana Di Kali Putih


Kepala BNPB bersama instansi terkait, melakukan peninjauan lokasi bencana ke kali putih Kabupaten Magelang, pada Jumat, tanggal 26 November 2010.

Pada kesempatan tersebut, DR. Syamsul Maarif, M.Si, menyampaikan bahwa saat ini terdapat 2(dua) ancaman yaitu Ancaman awan panas dan ancaman lahar dingin, BNPB bekerja sama kepala sugai serai opak dan kementerian terkait akan membuat guide chanel yang berupa bronjong atau penimbunan untuk mengarahkan aliran air di kali putih, agar tetap pada alirannya dan tidak mengancam pemukiman penduduk.

Hujan deras yang terjadi di sekitar sungai akan menimbulkan perggerakan bebatuan dan bahkan sampai adanya penyimpangan aliran sungai.

Upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam membuat guide chanel agar aliran kali putih tetap pada alirannya yaitu dengan cara mengerahan alat-alat berat yang dimiki oleh dinas PU setempat, saat ini sudah 2 alat berat yang dikerahkan dan sore ini akan datang satu alat berat lagi.

kesempatan ini akan di gunakan untuk cash for work dalam bentuk padat karya dalam membuatan guide chanel dengan cara dengan pemberian upah kepada perkerja hal ini bertujuan untuk upaya penaikan daya beli masyarakat.

BNPB saat ini sedang membuat early warning system terhadap sungai-sungai yang harus waspadai seperti kali boyong, serai opak, woro, gendong

Sumber : http://bnpb.go.id/irw/berita.asp?id=205


This entry was posted in ,,. Bookmark the permalink.



Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...