Sit - Up Dan Tamparan Jika Masuk Gerbong Perempuan


Sekelompok pria yang naik ke gerbong khusus perempuan di sistem baru kereta metro New Delhi diperintahkan untuk melakukan sit-up di peron, bahkan ada yang ditampar, oleh sekelompok penumpang perempuan yang marah.


PT KA juga telah meluncurkan gerbong khusus perempuan. Tampak petugas perempuan yang menjaga gerbong khusus perempuan saat peluncuran KRL seri 7000, di Depo Depok, Jawa Barat, Kamis (19/8/2010).

Setidaknya tersedia satu gerbong khusus buat perempuan di setiap rangkaian kereta metro di New Delhi. Perempuan warga kota itu serta turis telah mengeluhkan pelecehan seksual di angkutan umum selama beberapa dekade. Jaringan kereta metro telah jadi sangat padat akibat adanya perluasan jalur ke dalam kota selama satu tahun terakhir dan sebagian besar gerbong reguler dipadati penumpang.

Harian The Times of India, Sabtu (27/11), melaporkan, polisi memimpin operasi di sebuah stasiun di Gurgaon, kota satelit di pinggiran New Delhi yang mengalami kemajuan pembangunan sangat pesat, setelah adanya sejumlah keluhan, dan para penumpang perempuan bergabung dalam aksi tersebut. "Para penumpang yang tidak mengikuti aturan itu tak hanya dikenakan denda 250 rupee (sekitar Rp 56.000), sekelompok perempuan yang marah bahkan menampar sebagian dari mereka dan memaksa mereka melakukan sit-up," lapor The Times of India.

Komisaris polisi wilayah Gurgaon, S Deswal, yang memimpin operasi itu, mengatakan kepada harian itu, "Kami menemukan banyak penumpang laki-laki di gerbong khusus perempuan. Saat para perempuan itu melihat kami, mereka mendapat keberanian untuk memberi pelajaran kepada para pria tersebut. Kami ingin para gadis dan perempuan kami merasa nyaman dan aman sewaktu bepergian di Metro," katanya.

Harian The Mail Today melaporkan bagaimana sebagian lelaki di gerbong khusus perempuan tersebut harus menanggung malu untuk melakukan sit-up di depan umum, saat mereka tertangkap di stasiun Guru Dronacharya pada Kamis malam.

Sumber : http://internasional.kompas.com/read/2010/11/29/10453169/Ditampar.Karena.Masuk.Gerbong.Perempuan-5


This entry was posted in ,. Bookmark the permalink.



Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...