loading...

Tes CPNS Menggunakan Sistem Psikometrik

Pelaksanaan tes dan penilaian calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang serentak dilaksanakan di 23 kabupaten/kota pada 6 Desember 2010 akan menggunakan sistem psikometrik.

"Untuk pelaksanaan tes dan penilaian CPNS kita menggunakan sistem psikometrik atau penggunaan soal dibuat seragam pada semua jurusan baik strata satu, strata dua dan strata tiga," kata ketua panitia seleksi CPNS dari UI, Yudha Aliasbar, di Makassar, Jumat (19/11/2010).

Ia mengatakan, penggunaan sistem psikometrik dilakukan setelah ditetapkannya Universitas Indonesia (UI) sebagai lembaga yang akan membuat soal dan memeriksa lembar jawaban para peserta ujian.

Berdasarkan rapat koordinasi yang digelar, Jumat di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel sebanyak 22 kabupaten/kota di daerah itu setuju penyelenggara tes CPNS menggandeng UI sebagai mitra.

Sedangkan Makassar memilih untuk bermitra dengan lembaga perguruan tinggi negeri Makassar.

"Untuk soal tesnya nanti semua strata pendidikan dan jurusan menggunakan soal yang sama baik untuk tenaga pendidikan, kesehatan, maupun teknis. Semuanya sama," ujarnya.

Yang membedakan, adalah sistem penilaian yang menggunakan metode psikometrik. Jawaban dinilai berdasarkan kematangan dan psikologi.

Menurutnya, meskipun soalnya yang akan dikerjakan para CPNS sama, tetapi saat dilakukan rangking tetap berdasarkan bidangnya masing-masing.

Karena itu, persaingan akan sangat ketat karena indeks nilai yang diambil hingga empat angka di belakang koma.

"Nilai-nilai itu kemudian akan kami serahkan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Selanjutnya, teknisnya bagaimana menyampaikan ke peserta, itu bukan tanggung jawab kami lagi," ujarnya.

Ia menjamin, jika seleksi CPNS ini akan berjalan secara adil dan jujur. Sedangkan untuk semua soal-soal yang akan diujikan juga terjamin keamanannya.

sumber : http://regional.kompas.com/read/2010/11/19/22411972/Tes.PNS.Menggunakan.Sistem.Psikometrik-5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar